Kamis, 20 Maret 2014

Kasih Karunia Tuhan

Semua orang mengharapkan menerima Kasih KaruniaTuhan –> pemberian Tuhan yang luar biasa dalam hidupnya.Dalam Kasih Karunia itu membutuhkan tanggung jawab atau bagian kita. Kasih Karunia Tuhan itu bukan meninabobok kan kita.

Apa yang dimaksud kasih Karunia itu? Kasih Karunia apa yang Saudara nantikan?

Waktu kita mengharapkan menerima atau menantikan “kasih Karunia”, ternyata ada sesuatu yang harus kita lakukan ketika kita berada dalam “kasih karunia” itu. LHO memangnya KASIH KARUNIA à itu ada berapa bentuknya?

Ini penting kita ketahui supaya penantian dan pengharapan kita tidak sia-sia.


Definisi KBBI: “Kasih Karunia” = kata benda. kasih; belas kasih:emberian atau anugerah dari yg lebih tinggi kedudukannya kepada yang lebih rendah:

1. Kasih Karunia Sarana –> Kasih Karunia yang  meminta kita mentaatinya atau kita hidup di dalamnya atau memakainya –> dalam hidup kita.

Firman Tuhan –> Alkitab adalah Pemberian Tuhan yang sangat berguna bagi hidup kita. Di INSPIRASIKAN – DIWAHYUKAN – DIBUKAKAN – DITEGUHKAN (2 Timotius. 3:16)

Persekutuan Orang Percaya (bandgkn: di daerah-daerah tertentu) –>untuk saling membangun dan menyempurnakan bagi kedatangan Tuhan Yesus kedua (Ibrani. 10:25)

Gereja Lokal (Amsal. 12:26) –> tempat penggembalaan; Cari firman. Yohanes. 21:25 –> Petrus diperintahkan untuk menggembalakan domba Tuhan Yesus) Karunia –>Kemampuan Ilahi yang Tuhan berikan ketika seseorang menjadi percaya (1 Korintus. 12)

Pelayanan (2 Korintus. 4:7) –>seperti Harta yang mulia ditaruh dalam bejana tanah liat (apa ini bukan Kasih Karunia)

Orang pada waktu tertentu harus masuk dalam tingkat ini –>sebagai wujud kedewasaan rohaninya
Pelayanan ini adalah sebagai wadah kita mempraktekkan Karunia Tuhan dan kita membagikan hidup kita Orang yang membagikan hidup –>akan beroleh hidup. Upah menantikannya.

Kasih Karunia Sarana ini –> Tuhan berikan dan sediakan bagi kita UNTUK kebaikan kita di bumi ini.

Kasih Karunia Sarana ini –>adalah Kasih Karunia yang akan membuat kita menerima atau mengalami Kasih Karunia bentuk lainnya.

Kasih Karunia bentuk lainnya adalah:

Kasih Karunia manfaat à Kasih Karunia  yang kita peroleh ketika kita hidup atau menjalani Kasih Karunia Sarana –> sebagai reward

a. Keselamatan

b. Belas Kasih Tuhan

c. Pemeliharaan Tuhan

d. Pertolongan Tuhan, dll

Ada pernyataan: “Kasih Karunia itu Gratis! “–>ini perlu diingat bahwa Kasih Karunia itu Kondisional! (Ulangan. 28) –>penyediaannya Gratis, tapi untuk menerimanya perlu Kondisi yang memungkinkan!

Kita akan menerima Kasih Karunia Manfaat –>kalau sikap kita benar terhadap Kasih Karunia Sarana
 EMPAT TIPE TANGGAPAN ORANG TERHADAP  KASIH KARUNIA

1. Kata “melarikan diri” (hustereo) ini mempunyai empat pengertian –>yang ternyata pengertian itu adalah tahapan sikap orang terhadap Kasih karunia.

2. Orang yang lari dari kasih karunia itu adalah tahap akhir dari sikapnya terhadap Kasih Karunia –>ada proses atau kondisi sebelumnya dari orang tersebut.

3. Tahap yang pertama akan mengakibatkan Tahap yang kedua –>ini seperti mata rantai atau anak tangga.



1. Mantap; konstan dalam upaya untuk mencapai apa yang dilakukan;penuh perhatian, kerja keras, bukan diam atau lalai.

2. Mantap diterapkan; dituntut dengan perawatan dan upaya konstan; hati, rajin melakukan pencarian.
Kurang Cerdas = lamban –>kelambanan membuat kita tidak tahu: apa Tuhan kehendaki, kebenaran yang didepan kita, kesempatan yang Tuhan buka di hadapan kita.


Adalah akibat pertama dari orang tidak cerdas dalam kasih karunia. Orang ini akan jarang mengalami pertolongan, penyediaan Tuhan. Hati orang seperti ini akan menjadi tawar dan muncul akar pahit àmulai punya pikiran: tidak Tuhan2an / rohani2an / gereja2an.

Orang yang berada pada tahap ini –>dampaknya bukan berhenti pada diri sendiri tapi ke lingkungan (ay. 15a) à orang itu akan menjadi trouble maker bagi orang disekitarnya (Contoh Yunus ketika lari)
Kepahitan terhadap hal rohani atau kepada Tuhan à itu menular


Orang tersebut –>mungkin masih berada di gereja atau melakukan aktifitas rohani, tapi dia kehilangan hati dalam melakukannya. Orang seperti ini terhilang di dalam.


Orang pada tahap ini –>jelas terlihat dari luar / orang lain bisa melihat. Mereka tidak lagi membaca/merenungkan FIRMAN TUHAN dan tidak lagi datang ke gereja, persekutuan dan tidak lagi melayani.

PENUTUP

Ada banyak orang yang hidupnya tidak mengalami Kasih Karunia yang mereka dambakan dan yang seharusnya dia terima–> karena Tuhan sudah sediakan.
Punyai sikap yang benar terhadap kasih karunia –>yaitu dengan cerdas, tanggap dan aktif dalam kasih karunia. (Kerjakankeselamatanmu dengan takut dan gentar, Filipi 2:12)

Pakai semua KASIH KARUNIA SARANA yang sudah Tuhan sediakan bagi kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar